Resume Pengantar Manajemen 1 "Sekilas Manajemen: Apa, Mengapa, dan Bagaimana"

Part 1 Sekilas Manajemen (Apa, Mengapa, dan Bagaimana)

Pengantar manajemen ini menjadi basic yang harus dan wajib diambil seluruh mahasiswa FE dan tidak dibedakan juga menjadi ciri mahasiswa FE dengan fakultas lain karena menyampaikan dasar-dasar terkait bagaimana mengelola organisasi (profit atau non profit)


Mata kuliah pengantar manajemen ini untuk jenjang S1 berbobot 3 sks. Manajemen dalam konteks formal sebagai sebuah teori bermanfaat jika nanti kita bekerja di suatu instansi ataupun ketika kita berkeinginan untuk menjadi entrepreneur ini menjadi patokan yang penting, basic skill, dan basic knowledge. Bagaimana kita bisa mengelola sebuah bisnis jika kita tidak paham manajemen? kebanyakan kasus-kasus entrepreneur yang bangkrut atau gagal karena ketidakpahaman terhadap konsep juga teori manajemen. Jika kita bicara mengenai manajemen apa arti simple yang bisa kita definisikan? manajemen adalah suatu proses untuk mengelola sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan organisasi. Manajemen ini bisa dianggap sebuah ilmu juga bisa dianggap sebagai sebuah seni, karena kita disini bermain bagaimana cara mengelola sumber daya untuk kepentingan dan tujuan organisasi atau perusahaan. 


Pada mata kuliah pengantar manajemen ini akan mencakup materi seperti, konsep dasar teori manajemen, sejarah perkembangan manajemen, pengaruh lingkungan terhadap organisasi, dan fungsi-fungsi manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian dalam organisasi.  Secara non-formal manajemen juga bermanfaat bagi diri kita sendiri, manajemen disini kita mengelola diri sendiri dengan baik agar apa yang kita inginkan atau tujuan kita tercapai. 


Suatu tujuan yang kita buat harus ada perencanaan yang matang, jika tidak ada perencanaan matang maka kita akan sulit mencapai tujuan tersebur. Misal jika kita ada cita-cita untuk bisa lulus S1 tepat waktu, maka dalam mencapainya ini kita pasti menyusun rencana yang tepat agar tujuan kita tersebut tercapai. Dalam manajemen ada istilah 5M, yaitu 

1. Man, man disini merajuk pada diri kita sumber daya manusia yang mengelola perencanaan kita akan suatu tujuan.

2. Money, merajuk pada uang sebagai modal dari seluruh kegiatan atau rencana yang akan kita lakukan. 

3. Material

4. Method, merajuk pada prosedur atau panduan kita dalam melakukan kegiatan atau rencana kita (perencanaan belajar, krs, UTS, perkuliahan, dan lainnya) 

5. Machine, merajuk pada segala sesuatu alat yang menunjang kegiatan dan rencana kita (laptop, handphone, dan lainnya) 


5M ini sumber daya yang harus dikelola dengan baik dalam perkuliahan, dan kita akan lihat hasilnya nanti di akhir semester. 


Kalau kita punya target untuk mencapai IPK dalam semester ini minimal 3,5, kita harus tau bagaimana cara kita bisa dapat capai nilai kumulatif tersebut dari setiap mata kuliah yang sudah kita daftarkan. Rencanakan segala sesuatunya dengan baik dan matang agar mencapai target kita tersebut. Disinilah controlling kita digunakan, fungsi manajemen sendiri ada 4, yaitu: 

1. Planning (merencanakan) 

Peran yang pertama, yaitu planning disini kita membuat rencana dari tujuan atau hasil akhir yang kita inginkan. Perencanaan ini harus terus kita pantau, apakah berjalan lancar dan menghasilkan perkembangan ataukah kita harus merubah sedikit perencanaan kita agar menyesuaikan tujuan, tapi juga masih mempertahankan tujuan awal yang kita tetapkan.  


2. Organizing (mengelola sumber daya 5M tadi)

Dari perencanaan yang sudah kita buat ini, kita juga harus mengelola, memastikan perencanaan yang kita buat berjalan dengan lancar. Agar lebih mudah kita disini juga membagi perencanaan-perencanaan yang sudah kita buat kedalam beberapa point, agar lebih terorganisir dan rencana tersebut mencapai tujuan. 


3. Pengarahan yang melakukan proses kegiatan dengan baik (actuating)

Setelah adanya planning dan organizing, fungsi manajemen yang selanjutnya ada actuating. Actuating ini merupakan proses implementasi atau penerapan dari seluruh rangkaian rencana, konsep, point-point yang sudah kita buat sebelumnya untuk mencapai tujuan kita. Dalam menerapkan seluruh perencanaan yang sebelumnya telah dilakukan ini pasti akan ada kendala yang muncul, tidak semuanya akan berjalan dengan lancar. Untuk itu fungsi actuating disini melaksanakan semua rencana, ide, konsep, dan point-point yang telah dibuat dan harus dipastikan berjalan dengan lancar dan baik 


4. Pengendalian dalam organisasi (controlling)
Pengendalian disini untuk melihat apakah hasil akhir sesuai dengan apa yang direncanakan. Pengendalian sendiri adalah bentuk dari evaluasi atau kontrol terhadap kinerja kita dari planning, organizing, dan actuating yang telah dilakukan tadi. Pengendalian ini bertujuan untuk memastikan apakah seluruh rangkaian manajemen tadi yang kita susun sudah sesuai dengan rencana dan berjalan lancar serta baik, bagaimana hasil akhirnya. Dan pengendalian disini juga menjadi fungsi dari hasil kerja yang tidak sesuai dengan perencanaan, mencari tahu letak kesalahannya dimana, dan mencari solusi yang terbaik untuk permasalahan tersebut. 


Ketika hasil akhirnya tidak sesuai dengan apa yang direncanakan kita tentu akan bertanya-tanya, apa yang salah disini, dan akan melakukan proses evaluasi untuk kedepannya agar dapat mencapai kembali tujuan yang telah kita tetapkan. 


Siklusnya manajemen sama merencanakan, mengelola, dan menggerakkan sumber daya yang ada, kemudian melakukan evaluasi. Apakah program yang sudah kita jalankan satu tahun ini hasilnya sesuai dengan apa yang direncanakan, manajemen ini penting untuk diri kita sendiri, bukan semata-mata karena kita nantinya akan bekerja disuatu instansi atau perusahaan yang mengharuskan menguasai ilmu manajemen, namun mulai dari manajemen diri kita sudah harus menguasai apa dan bagaimana itu ilmu manajemen. Lakukanlah perencanaan dengan baik, kelola sumber daya yang ada dengan baik, gunakan sumber daya tersebut untuk mendukung program-program kegiatan kita, dan lakukan evaluasi, dengan kita menerapkan ini maka sukses akan kita capai dengan mudah. 


Pandemi covid-19 ini sedikit banyak merubah pola bersosialisasi dalam semua bidang, kita dipaksa melek akan teknologi karena sekarang semua serba berbasis online. Dalam pengantar manajemen ini ada tugas individu dan juga kelompok, untuk tugas individu, yaitu membuat blog. Blog ini sebenarnya dapat juga menjadi penghasilan kita sebagai mahasiswa jika kita rajin mengupload konten-konten, tidak perlu bekerja secara fisik dan memakan waktu kita sebagai mahasiswa. Selain itu ada tugas menilai video UMKM, dengan pembuatan video ini kita membantu para pelaku UMKM untuk mempromosikan produk mereka yang banyak mengalami kerugian dalam pandemi covid-19 ini, disini kita harus menilai bagaimana konten dalam video tersebut, bagaimana cara pengambilan videonya, editingnya, dan lain sebagainya . Karena zaman sekarang sudah banyak pula perekrutan pegawai yang mengharuskan kita untuk tidak hanya mencantumkan CV dan juga surat melamar pekerjaan, tetapi juga video yang akan dinilai kemampuan kita dalam membuat konten tersebut, kreativitas kita, bagaimana kita menyusun konsep dalam video tersebut, cara penyampaian materi kita, pengambilan video dan lain sebagainya. Oleh karenanya dengan tugas kelompok membuat video ini kita akan diasah agar dapat membuat sebuah konten video yang kreatif. 




Komentar